Peraturan & Formulir

Peraturan yang diuraikan di Teras Teknik Elektro ITS diatur oleh Program Studi Magister Teknik Elektro ITS. Adapun prosedur Ujian Tesis terkait dengan Teras Teknik Elektro dapat Anda baca di Prosedur Ujian Tesis dan panduan registrasi ujian proposal dan ujian Tesis dapat Anda baca di Panduan Registrasi Teras.

Proposal Tesis

1. Persyaratan Pengajuan Ujian Proposal Tesis

Proposal tesis dapat dibuat setelah mahasiswa menyelesaikan 25 % beban sks dengan IP (indek prestasi) pada akhir semester secara kumulatif di atas 2,5 tanpa nilai D dan E.

 

2. Registrasi Ujian Proposal Tesis

Untuk melakukan registrasi ujian Proposal Tesis, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Mengisi form registrasi di Teras Teknik Elektro
  • Mengunggah file proposal tesis dalam versi pdf
  • Menyerahkan 5 eksemplar hardcopy proposal tesis ke admin tesis di sekretariat Program Pascasarjana Departemen Teknik Elektro.

 

3. Perbaikan Proposal Tesis

Masa perbaikan proposal adalah 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal pelaksanaan ujian. Apabila sampai batas waktu tersebut mahasiswa masih belum menyerahkan proposal yang dimaksud, maka Proposal Tesis dinyatakan gugur dan mahasiswa yang bersangkutan harus mengikuti ujian Proposal Tesis kembali.

Semua usul perbaikan Proposal Tesis pada waktu ujian harus diakomodasikan ke dalam Proposal Tesis dan perbaikan ini harus dikonsultasikan kepada para dosen penguji dan dosen pembimbing. Dosen pembimbing dan semua dosen penguji membubuhkan tandatangan pada Lembar Pengesahan.

Catatan: mahasiswa yang proposalnya sudah disetujui, kemudian mengulang Mata Kuliah (MK) Proposal Riset/Penulisan Ilmiah/Riset Lab. 2 (karena berbagai alasan seperti untuk memperbaiki nilai), maka proposal yang diakui adalah proposal terakhir terkait dengan proses pembelajaran pada MK tersebut.

Proposal Tesis hasil revisi (versi final) yang telah disetujui dosen pembimbing dan dosen penguji diunggah ke Teras Teknik Elektro.

 

Tesis

1. Persyaratan Pengajuan Ujian Tesis

Masa penyelesaian Tesis adalah satu semester atau satu tahun (hari kalender) sejak tanggal persetujuan Proposal Tesis. Dalam jangka waktu maksimum satu tahun, Tesis harus sudah diuji di depan tim penguji. Apabila batas waktu ini terlampaui maka mahasiswa yang bersangkutan wajib mengganti judul tesisnya dan mengikuti ujian proposal kembali.

2. Registrasi Ujian Tesis

Untuk melakukan registrasi ujian Tesis, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Mengisi form registrasi di Teras Teknik Elektro
  • Mengunggah file Tesis, form persetujuan dosen pembimbing, form monitoring kegiatan dan bukti publikasi dalam versi pdf
  • Menyerahkan 5 eksemplar hardcopy draft Tesis ke Admin Tesis di Sekretariat Program Pascasarjana Jurusan Teknik Elektro ITS.

 

3. Perbaikan Tesis

Masa perbaikan Tesis adalah 3 (tiga) bulan sejak tanggal pelaksanaan ujian Tesis. Apabila sampai batas waktu tersebut mahasiswa masih belum menyerahkan Tesis yang dimaksud, maka Tesis dinyatakan batal dan mahasiswa yang bersangkutan harus menyusun ulang Tesis dengan judul baru.

Tesis hasil revisi (versi final) yang telah disetujui dosen pembimbing dan dosen penguji diunggah ke Teras Teknik Elektro. Sebelum mengunggah file Tesis versi final, pastikan bahwa dokumen Tesis Anda sudah sesuai dengan format yang benar. Lakukan pengecekan format menggunakan formatting checklist ini.

 

Formulir

Sebagai bagian dari proses pengajuan ujian tesis, anda harus menyerahkan formulir berikut:

  • Formulir Persetujuan Dosen Pembimbing (word, pdf)
  • Formulir Persetujuan Pengiriman Publikasi (word, pdf)

Untuk mengunggah formulir kelengkapan registrasi ke Teras Teknik Elektro ITS, lakukan langkah berikut:

  • Isi setiap formulir yang diperlukan
  • Scan/save as setiap formulir yang sudah diisi dan ditandatangani dalam versi pdf
  • Unggah formulir versi pdf ke Teras Teknik Elektro