Format

Bahasa

Tesis dapat ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (bagi mahasiswa yang mengikuti program double degree dan mahasiswa dari luar negeri). Dalam penulisannya diupayakan tidak menggunakan kata ganti orang pertama tunggal seperti aku, saya, daku, ku dan kata ganti orang pertama jamak seperti kami dan kita.

 

Margin

Semua tulisan (teks) Tesis harus ditulis dalam daerah di dalam margin. Template Tesis menggunakan pengaturan margin yang benar. Jika Anda tidak menggunakan template, margin diatur dengan ketentuan berikut:

         Jarak dari tepi atas kertas  :   3,5 cm
  Jarak dari tepi bawah kertas  :   3,0 cm
  Jarak dari tepi kiri kertas  :   4,0 cm (halaman ganjil)
  Jarak dari tepi kanan kertas  :   3,0 cm (halamam ganjil)
  Jarak dari tepi kiri kertas  :   3,0 cm (halaman genap)
  Jarak dari tepi kanan kertas  :   4,0 cm (halaman genap)

 

Anda dapat melakukan pengaturan margin hanya pada halaman ganjil saja, sedangkan untuk halaman genap mengikuti setting pada MS Word dengan mengatur margin pada Page Setup dengan memilih Mirror margins.

 

Font

Huruf yang digunakan untuk teks adalah jenis Times New Roman ukuran 12 pt dengan jarak antar baris 1,5 spasi. Penulisan dilakukan pada dua sisi halaman kertas dengan sisi depan halaman selalu bernomor halaman ganjil dan sisi belakang bernomor genap.

 

Penomoran Halaman

Penomoran halaman dilakukan sebagai berikut:

  1. Semua bagian sebelum teks (Bab 1), dimulai dari lembar pengesahan, diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil yang diletakkan di bagian bawah-tengah halaman (i, ii, ..., dst).
  2. Bagian teks (Bab 1, dan seterusnya termasuk daftar pustaka dan lampiran) diberi nomor halaman dengan angka Arabic yang diletakkan di bagian bawah-tengah halaman.

 

Headings: Bab, sub-bab dan sub-sub bab

Tulisan BAB 1, BAB 2, ..., dan seterusnya dimulai dari batas margin atas dengan ukuran huruf 14 pt. Judul bab dimulai 1,5 spasi (1 kali ketukan enter) dari tulisan BAB 1, BAB 2, ..., dst.

Tulisan bab dan judul bab ditulis dengan huruf kapital untuk semua huruf dengan ukuran huruf 14 pt. Angka untuk nomor bab ditulis dengan angka Arabic (1, 2, 3, ... dst).

Kalimat awal (jika tidak dimulai dengan sub-bab) atau sub-bab awal dimulai 3 spasi (2 kali ketukan enter) dari judul bab dan dimulai dari margin kiri (untuk judul sub-bab) atau masuk 1 tab (1,5 cm) untuk awal kalimat.

Judul sub-bab ditulis dengan title case (hanya huruf pertama setiap kata yang menggunakan huruf kapital, yang lainnya huruf kecil/lower case dan semua kata sambung harus memakai huruf kecil/lower case).

Kalimat awal pada sub-bab dimulai 1,5 spasi setelah judul sub-bab, masuk 1 tab. Judul sub-bab berikutnya dimulai 3 spasi dari baris terakhir dari sub-bab sebelumnya.

Permulaan bab selalu ditulis pada halaman baru dan dimulai pada halaman dengan nomor ganjil. Apabila suatu bab berakhir pada halaman dengan nomor ganjil, maka halaman genap berikutnya dibiarkan kosong.

Kalimat awal pada suatu paragraf ditulis masuk 1 (satu) tab. Antar paragraf tidak perlu diberi jarak.

 

Captions: Gambar, Tabel dan Persamaan

Format dan spesifikasi untuk captions seperti tabel, gambar dan persamaan dapat dilihat di Panduan Penataan Gambar, Tabel dan Persamaan.

 

Referensi

Aturan tentang penulisan referensi dalam teks dan daftar pustaka dapat mengikuti Harvard style sesuai pedoman dari PPs ITS atau menggunakan IEEE Style yang banyak digunakan di Program Studi Magister Teknik Elektro.